Kumpulan Informasi Terbaru dan Terupdate

Sabtu, 18 November 2017

Cara Mengetahui Tipe RAM Laptop dan Komputer

Pengen upgrade RAM laptop?


Bingung cari tahu DDR berapa RAM laptop anda?

atau

Tidak tahu berapa kapasitas maksimal RAM laptop anda?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti diatas yang kerap kali muncul dibenak kita sewaktu ketika mau upgrade ram laptop atau komputer. 

Sangat manusiawi sekali jika anda mengalami hal tersebut. Sebab, pengetahuan akan komputer atau laptop sangat jarang sekali orang yang mengetahuinya. 

Dengan adanya permasalahan tersebut anda akan mendapatkan ilmu-ilmu baru tentang komputer atau laptop yang mungkin tidak anda sangka-sangka. 

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu RAM dan fungsi-fungsinya agar anda semakin paham. 

Cara Mengetahui Tipe RAM Laptop dan Komputer

Pengertian RAM
RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara. Maksudnya ketika anda sedang menjalankan suatu program, maka program tersebut membutuhkan wadah fisik untuk memproses. Nah, wadah tersebut itulah yang disebut RAM.

Contoh lain misalnya ketika anda menyimpan file, pasti anda butuh hardisk atau flashdisk sebagai tempat penyimpanan. Nah, program juga sama. Program-program yang anda buka juga butuh tempat penyimpanan. Tempat penyimpanan tersebut disebut RAM. 

Kenapa disebut tempat penyimpanan sementara? 

Karena setiap program-program yang anda buka, pasti tidak berlangsung lama. Jadi, penggunaan RAM hanya ketika program itu dibuka.

Lalu bagaimana bila kita mau membuka banyak program?

Ketika anda mau membuka banyak program, anda harus tahu berapa banyak sisa RAM yang tersedia. 

Bagaimana cara mengetahuinya?

Untuk mengetahuinya anda bisa membuka "Task Manager".

Bagaimana cara membuka "Task Manager"?

Cara membuka task manager ada 2 :
1. Klik kanan pada Taskbar lalu pilih Start Task Manager (Ini khusus untuk windows 7)
Cara Membuka Task Manager

2. Tekan pada keyboard : CTRL + SHIFT + ESC (tekan secara bersamaan)

Nah, setelah Task Manager anda buka selanjutnya silakan anda pindah ke tab Performance. Lebih detailnya lihat gambar dibawah ini :
Cek Total RAM di Task Manager

Tulisan yang berwarna merah artinya total memori RAM anda.
Tulisan yang berwarna biru artinya memori RAM yang tersisa yang bisa anda gunakan.

Jadi, ketika anda mau membuka program lagi usahakan kapasitas yang tersisa tidak terlalu sedikit agar tidak terjadi lag-lag pada laptop atau komputer anda. Namun, lag-lag pada laptop atau komputer kadang kala juga disebabkan oleh kinerja processor yang sudah maksimal.

Bila anda ingin nyaman membuka banyak program tanpa lag-lag sebaiknya memang untuk upgrade RAM laptop atau komputer anda.

Sebelum upgrade RAM, sebaiknya cek terlebih dahulu berapa kapasitas maksimal RAM yang diijinkan dan berapa slot yang masih tersedia. 

Banyak orang-orang yang beli ram tapi ternya slot yang tersedia tidak ada. Kadang ada juga salah membeli tipe ram. Nah, hal itu sangat merugikan sekali kan. Jadi, sebaiknya bila anda ingin membeli sesuatu sebaiknya cari dulu informasi sebanyak-banyaknya agar tidak salah beli dan akhirnya rugi.

Inilah poin pentingnya yang sudah anda tunggu-tunggu.

Hal-hal yang wajib dilakukan sebelum membeli RAM
1. Cek dulu kapasitas maksimal RAM yang diijinkan oleh Motherboard laptop atau komputer anda. Caranya gunakan software gratis yaitu CPU-Z. Bila tidak punya klik disini. Setelah anda buka, pilih tab mainboard dan lihat detail yang saya beri tanda kotak.
Cek Tipe Motherboard di CPU-Z

Cari spesifikasi motherboard tersebut di mbah google dan lihat berapa kapasitas RAM yang tersedia. Dari situ anda juga bisa mengetahui tipe DDR RAM dan juga berapa kecepatan RAM maksimalnya. 

2. Dengan CPU-Z anda juga bisa mengetahui tipe RAM laptop atau komputer anda. Caranya pilih tab SPD dan lihat pada area yang saya beri tanda.
Cek Tipe RAM di CPU-Z

3. Cek slot RAM yang tersedia. Caranya masih tetap di tab SPD. Lihat pada area yang saya beri tanda. Bila disitu ada slot yang kosong atau tidak terdeteksi RAM nya, hal itu menunjukan slot RAM laptop atau komputer anda masih ada yang kosong. 
Cek Slot RAM yang Tersedia

Namun, berdasarkan pengalaman saya. Kadang ada laptop yang di cek menggunakan CPU-Z ternyata masih ada 3 slot. Tapi, setelah dibuka ternyata tidak ada slot yang kosong atau dapat diartikan laptop tersebut hanya memiliki 1 slot saja. 

Bila anda menemukan tanda-tanda seperti diatas sebaiknya anda cek secara langsung dengan membongkar laptop atau komputer anda. Khawatirnya, slot yang tertera pada CPU-Z tidak sesuai dengan slot aslinya. 

Itulah tips dan trik cara cek ram laptop atau komputer sebelum membeli agar tidak salah sasaran. Pembeli yang bijak adalah pembeli yang mengetahui seluk-beluk hal-hal yang akan dibeli.

Semoga informasi ini berguna bagi anda dan bila ada yang kurang atau bingung silakan ditanyakan pada form komentar dibawah. Terima kasih.

Tags :

Related : Cara Mengetahui Tipe RAM Laptop dan Komputer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *