Kumpulan Informasi Terbaru dan Terupdate

Rabu, 22 November 2017

Cara Membuat Bingkai di MS Word (Mudah & Keren)

Pernahkah sobat melihat foto yang ada bingkainya?

atau

Pernahkah sobat melihat undangan yang ada bingkainya?

Sangat bagus kan tampilannya. Dengan adanya bingkai, foto yang sebelumnya biasa menjadi terlihat bagus ketika di pajang. Apalagi jika bingkai tersebut memiliki bentuk dan motif yang keren. Pasti orang yang melihatnya akan sangat suka.

Lalu apakah sobat pernah kepikiran untuk membuatnya?

atau

Sobat ingin membuat tapi tidak bisa melakukannya?

Mulai sekarang sobat jangan khawatir. Karena saya akan menjelaskan kepada sobat cara membuat bingkai keren simple dan mudah dengan bantuan software pengolah kata yang sudah umum dan sering digunakan yaitu microsoft word.

Kenapa menggunakan microsoft word?

Kenapa tidak menggunakan CorelDraw, Photoshop, dll?

Karen ms word adalah software yang paling banyak digunakan dan pasti sobat memilikinya. Untuk penggunaan software lainnya, akan saya share pada kesempatan berikutnya.

Penggunaan bingkai tak hanya pada foto dan undangan saja. Banyak sekali kegunaan lainnya seperti ketika sobat membuat jadwal sekolah, piket dan sebagainya. Untuk membuat kalender. Cover makalah, buku, novel, cerpen. Dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Lalu seperti apa langkah-langkah untuk membuat bingkai keren di ms word?

Sepertinya sobat sudah tidak sabar.

Baiklah kalau gitu langsung saja kita bahas dibawah ini :

Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word


1. Untuk tahap awal silakan sobat buka microsoft word yang sudah terinstal di pc atau laptop sobat.

Cara Membuat Bingkai di MS Word

2. Silakan pilih pada Tab Layout => Page Borders. Maka akan terlihat seperti gambar ini :

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Cara Membuat Bingkai di MS Word

3. Diatas adalah pengaturan yang akan sobat gunakan untuk membuat bingkai keren sesuai dengan selera sobat. Lalu apa itu Box, Shadow, 3-D dan Custom? Semua itu akan saya jelaskan satu persatu dibawah.

KETERANGAN

Box : Adalah tipe bingkai sederhana yang hanya berupa garis kotak. Untuk garisnya sobat bisa memilih, bisa 2 garis, 3 garis, garis tebal, dan sebagainya. Biasanya untuk yang model box dipakai pada makalah atau laporan penelitian yang membutuhkan bingkai yang simple.

Shadow : Sesuai dengan namanya, bingkai model ini hampir sama dengan tipe box. Cuma bedanya pada bingkai tipe ini terdapat bayangan dibagian pojok bawah. Sobat bisa menggunakan bingkai model ini untuk membuat bingkai foto, jadwal pelajaran, dan sebagainya.

3-D : Nah, untuk tipe yang satu ini cukup bangus sekali karena bingkainya terlihat seperti 3D mirip sekali dengan bingkai-bingkai foto yang sering digunakan. Sebaiknya menggunakan bingkai model ini jika sobat ingin mencetak foto sobat.

Custom : Untuk bagian ini hanya sekedar opsi bila sobat ingin mengkombinasikan beberapa model bingkai kedalam satu bingkai. Jadi, sobat bisa membuat model bingkai yang unik sesuai dengan keinginan sobat tapi tentunya dengan format-format yang sudah ada.

Style : Ini merupakai macam-macam bingkai yang dapat sobat pilih. Ada berbagai macam bingkai menarik yang dapat sobat coba.

Color : Seperti namanya, ini digunakan untuk mewarnai bingkai yang sobat buat.

Width : Opsi ini digunakan untuk mempertebal atau mempertipis bingkai yang sobat buat. Jadi, pilih sesuai kebutuhan.

Art : Bila sobat tidak suka model yang ada di style, sobat bisa mencoba dengan model yang ada di art ini. Sebab, model yang ada disini memiliki motif yang keren dan tentunya sangat bagus bila digunakan untuk undangan, surat, dll.

Nah, setelah semua penjelasan diatas saya rasa sobat sudah mulai paham cara men setting bingkai yang akan dibuat. Step selanjutnya tinggal cara memasukkannya kedalam lembar kerja.

Untuk memasukkan bingkai kedalam lembar kerja ada beberapa pilihan yang perlu sobat ketahui, diantaranya yaitu :

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Whole document : Opsi ini digunakan untuk membuat semua lembar kerja sobat memiliki bingkai.

This section : Opsi ini untuk membuat bingkai hanya pada lembar kerja yang sobat pilih.

This section - First page only : Opsi ini digunakan untuk membuat bingkai hanya pada halaman depan.

This section - All except first page : Untuk yang ini digunakan untuk membuat bingkai kecuali halaman depan.

Oke kita mulai praktikan caranya. Silakan sobat pilih model bingkai yang diinginkan. Untuk contoh saya pilih mode seperti ini.

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Setelah selesai memilih, selanjutnya pilih apply to : Whole document dan pilih OK.

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Untuk yang model art tampilannya akan tampak seperti ini:

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Coba sobat perhatikan, semua bingkai diatas berada di luar batas margin. Lalu bagaimana cara agar bingkainya berada di dalam margin?

Masih pada menu yang sama Borders and Shading, silakan sobat pilih "Options".
Cara Membuat Bingkai di MS Word

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Nah, ada dua pilihan yaitu "Text" dan "Edge of page". Untuk menampilkan bingkai didalam margin silakan pilih "Text" sedangkan untuk menampilkan bingkai di luar margin pilihlah "Edge of page". Contohnya seperti ini :

Cara Membuat Bingkai di MS Word

Jika sobat pilih opsi "Text" maka bingkainya menyesuaikan margin kertas kalian dan berada dekat dengan artikel atau menjorok kedalam.

Sampai sini sobat sudah paham?

Bila sudah, saatnya sobat mempraktikan step by step mulai dari awal sampai akhir lagi dan lagi agar sobat hafal langkah-langkahnya. Sehingga ketika nanti mencoba lagi sobat tidak lupa caranya.

Usahakan ketika melakukannya gunakan model-model bingkai yang berbeda-beda agar sobat ingat model bingkai apa saja yang bisa sobat buat di ms word.

Mungkin sampai sini dulu tutorial cara membuat bingkai di ms word yang dapat saya bagikan kepada sobat. Bila ada hal-hal yang kurang jelas silakan tanyakan melalui komentar dibawah.

Semoga sharing kali ini berguna bagi sobat dan selamat mencoba.

Tags :

Related : Cara Membuat Bingkai di MS Word (Mudah & Keren)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *