Minggu, 13 Juli 2014

Tips Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Advertisement

Cara Meningkatkan Belajar - Belajar adalah hal yang harus dilakukan setiap orang yang ingin sukses. Apalagi di usia yang masih tergolong anak-anak. Dengan belajar kita menjadi paham mengenai sesuatu yang belum kita mengerti sebelumnya. Jadi, belajar sangat perlu dilakukan oleh setiap orang khususnya yang masih berusia dini. Pada usia tersebut orang tua lah yang berkewajiban mendidik anak-anaknya untuk belajar mengenal hal-hal yang baik. Namun, ketika sudah menginjak remaja barulah anak tersebut mulai belajar sendiri dan orang tua hanyalah sebagai pemotivasi untuk anak agar lebih giat belajar.

Memang terkadang belajar itu sangat menyenangkan apalagi pelajaran yang kita sukai. Pasti sangat nyaman dan tidak merasa terbebani. Beda dengan ketika belajar pelajaran yang sulit dan kita tidak suka dengan pelajaran tersebut. Pasti rasanya sangat berat, kurang serius dan lebih banyak malas-malasan. Akhirnya materi yang dipelajari tidak masuk sama sekali, meskipun waktu yang dihabiskan untuk belajar cukup lama. Hal itulah yang perlu disikapi agar saat belajar bisa terasa nyaman walaupun pelajaran tersebut tidak kita sukai.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar
Untuk itu perlu adanya suatu langkah mengenai cara meningkatkan motivasi belajar agar lebih nyaman dan konsen saat belajar demi tercapainya prestasi yang lebih baik. Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips untuk anda, khusnya yang masih mengalami masalah serius dalam belajar. Tips ini cukup mudah dan dapat membantu anda dalam meningkatkan konsentrasi dalam belajar khususnya untuk pelajaran yang tidak disukai. Apakah anda penasaran? Yuk silakan intip beberapa tips dari saya tentang cara meningkatkan belajar secara optimal dibawah ini :

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

1. Pikirkanlah untuk apa anda belajar
Jadi, ketika anda lagi malas untuk belajar. Pikirkanlah untuk apa anda harus belajar. Apakah hanya untuk mengisi waktu luang, ataukah tuntutan orang tua. Kebanyakan orang rela belajar keras-keras agar kelak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji tinggi dan juga agar cita-citanya terpenuhi. Untuk itu buatlah sebuah catatan tentang target yang harus anda capai di masa depan. Jadi ketika anda malas, tinggal lihat target yang sudah anda buat untuk memunculkan semengat belajar lagi.

2. Carilah Motivator
Kadangkala semangat belajar tidak datang dari diri kita sendiri, bahkan bisa jadi dari dorongan orang lain. Untuk itu dengarkanlah cerita mengenai kesuksesan orang lain yang bisa menggerakkan hati anda untuk tetap belajar dengan sungguh-sungguh. Anda juga bisa sering-sering ikut dalam acara motivasi yang memberikan materi tentang kesuksesan dalam belajar. Sebab, seseorang biasanya akan tergugah hatinya setelah mendengar kisah kisah mengesankan dari orang lain khususnya dalam hal belajar.

3. Jangan belajar dalam keadaan capek
Setiap saat belajar memang perlu, namun pada saat anda selesai olahraga atau hal-hal yang membuat anda merasa lelah. Bila dalam keadaan tersebut anda gunakan dalam belajar, pasti yang terjadi anda tidak konsentrasi akhirnya malas dan ngantuk. Untuk itu carilah waktu belajar yang pada saat itu anda benar-benar dalam keadaan fit dengan pikiran yang masih fresh.

4. Bergaulah dengan orang yang senang belajar
Metode ini termasuk dalam hal mencari motivator seperti pada metode dua diatas. Dengan bergaul bersama orang yang rajin belajar, anda akan mendapatkan sedikit dorongan atau motivasi untuk lebih giat dalam belajar. Anda juga akan merasa ingin bersaing secara sehat dengan orang tersebut dalam hal prestasi.

5. Buatlah sebuah hukuman jika nilai atau prestasi turun
Metode ini menurut saya sangat ampuh dalam mengatasi masalah belajar khususnya pelajaran yang tidak disukai. Nah, bila anda ingin meningkatkan belajar, yang perlu anda lakukan yaitu buatlah sebuah hukuman yang tertulis dan anda selalu bisa melihatnya. Semisal anda tulis besar dan ditempelkan ke dinding kamar anda. Contohnya bila anda tidak suka pelajaran fisika karena sering mendapatkan nilai dibawah 60. Kemudian anda buat sebuah tulisan yang berbunyi "saya akan mentraktir teman saya satu kelas makan bakso bila saya tidak mendapatkan nilai 100 pada pelajaran fisika". Atau bila anda lebih berani, anda bisa ngomong didepan kelas yang didengar seluruh teman anda mengenai kata-kata seperti contoh diatas. Saya rasa anda akan mulai belajar dengan giat.

Itulah beberapa tips dari saya mengenai cara meningkatkan belajar agar mendapatkan prestasi yang bagus. Semua tips diatas dapat diartikan sebagai motivasi untuk anda agar lebih tekun, giat dan konsentrasi dalam belajar. Namun pada akhirnya anda sendiri yang menentukan, sebab motivasi hanya sebatas dorongan saja. Untuk itu bila anda ingin berubah agar bisa menjadi anak yang membanggakan orang tua. Maka mulailah belajar yang serius dan jangan pernah menggantungkan orang lain seperti mencontek. Karena kebiasan buruk akan menjadi boomerang untuk anda suatu hari nanti.

Tags :

Related : Tips Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon gunakan bahasa yang sopan dan jangan menaruh link aktif saat berkomentar. Segala bentuk link aktif akan kami hapus. Terima Kasih.